Penghargaan Menteri Susi kepada Poltek KP Sorong

11/02/2015 07:20

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Susi Pudjiastuti mengapresiasi sekaligus memberikan penghargaan kepada 3 orang anak bangsa kita yang berprestasi memberikan manfaat besar bagi sektor Kelautan dan Perikanan (KP).

“Saya ingin memperkenalkan diri (orang yang mendapat penghargaan dari MKP Susi). Mereka penemu yang luar biasa,” ujar Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BPSDM KP), Suseno Sukoyono kepada citraindonesia.com, pada acara Refleksi Program 100 Hari Kabinet Kerja Berkantor Bersama KKP dalam rangka Pemantapan Program Kerja Pasca 100 Hari Kabinet Kerja, di kantor Pusat Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Jumat (30/1/2015).

Di antara para penerima penghargaan tersebut adalah:

1. Kadarusman, Dosen Politeknik Kelautan dan Perikanan (Poltek KP) Sorong, Papua Barat, salah satu satuan pendidikan BPSDM KP, sebagai eksplorator dan dosen penemu spesies baru ikan asli Papua.

“Tadi dapat penghargaan karena menjadi orang pertama yang menemukan 15 spesies baru di Papua. Kemaren ada ekspedisi lengguru dua, ini temuan luar biasa,” ungkap Suseno.

2. Drajat, Widyaiswara Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan Tegal, salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) pelatihan BPSDM KP, sebagai inovator pelatihan garam industri.

“Dia ini membuat garam dalam rangka menyetop Garam impor, dia bisa membuat Garam rakyat menjadi putih dengan NaCl 97,4 atau skala industri. Jadi masyarakat kecil bisa bikin garam sekarang,” tandasnya.

3. Talita Asagi, Taruni Poltek KP Sorong, sebagai Taruni berbakat dalam menyelamatkan spesies Ikan edemik asli Papua.

“Talita adalah Taruna tingkat II, asal dari Mapi. Dia anak kedua dan bapak ibunya sebagai nelayan, tapi punya tekad besar untuk sekolah,” kata Suseno sambil bangga memperkenalkan.

“Dia ini merupakan satu-satunya Taruni yang ikut ekspedisi Lengguru. Itu ekspedisi yang terkenal sekali dari 6 negara yang bergabung, dan dia menjadi Taruni yang mempersiapkan untuk tim teknis untuk spesimen,” lanjut Suseno.

Suseno pun memuji Talita karena kehebatannya dan memiliki langkah seperti propelling yang berkeinginan besar memperbaiki Mapinya, jadi bukan dirinya sendiri‎.

“Ia (Talita) asal Mapi ini ingin memperbaiki Mapi supaya bisa masuk di peta tingkat nasional dan internasional. Bu Susi (menteri KP) pasti tau persis Mapi. Karena tadi Bu Susi bicara, tau Mapi karena ada Susi Air disana,” jelasnya. (pemi)

 

Sumber: https://citraindonesia.com/3-orang-berprestasi-dapat-penghargaan-menteri-kp/

—————

Back